Persepsi Guru Pai Tentang Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts N 9 Sleman
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan pada dunia pendidikan,
salah satu diantaranya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.
Pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemik dianggap kurang efektif.
Sebagai pendidik dalam bidang agama, Guru PAI dituntut untuk kreatif dan inovatif
agar dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran
jarak jauh dengan menerapkan media pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI dan menjelaskan mengenai kendala
serta upaya yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada
masa pandemi Covid-19 di MTsN 9 Sleman.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Teknik penentuan informan menggunakan
teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah guru PAI. Metode
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian teknik keabsahan data
yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi guru PAI terhadap
pembelajaran daring yaitu kurang efektif, tidak maksimal karena keterbatasan
waktu, siswa pasif dalam pembelajaran, dan jaringan internet baik guru maupun
siswa sering trouble. 2) Beberapa kendala yang dijumpai selama pembelajaran
daring diantaranya yaitu terdapat beberapa siswa yang kesulitan menggunakan
media yang digunakan, siswa mengeluhkan kuota internet yang boros, koneksi
sinyal yang buruk dan terdapat sebagian besar siswa yang telat mengumpulkan
tugas. Maka dari itu guru PAI menindaklanjuti dengan menggunakan strategi
berupa pemberian kelonggaran waktu untuk pengumpulan tugas sesuai waktu yang
ditentukan, memberikan bantuan paket internet untuk siswa, serta siswa yang
kesulitan dalam mengoperasikan media pembelajaran dengan melakukan
pembiasaan dan pendampingan secara langsung.
Collections
- Islamic Education [862]