Show simple item record

dc.contributor.advisorBurhan Nudin S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.authorM. ARIF
dc.date.accessioned2022-08-12T02:45:02Z
dc.date.available2022-08-12T02:45:02Z
dc.date.issued2022-02-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38573
dc.description.abstractPandemi Covid-19 membuat banyak perubahan pada dunia pendidikan, salah satu diantaranya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemik dianggap kurang efektif. Sebagai pendidik dalam bidang agama, Guru PAI dituntut untuk kreatif dan inovatif agar dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan media pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi guru PAI dan menjelaskan mengenai kendala serta upaya yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 9 Sleman. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah guru PAI. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi guru PAI terhadap pembelajaran daring yaitu kurang efektif, tidak maksimal karena keterbatasan waktu, siswa pasif dalam pembelajaran, dan jaringan internet baik guru maupun siswa sering trouble. 2) Beberapa kendala yang dijumpai selama pembelajaran daring diantaranya yaitu terdapat beberapa siswa yang kesulitan menggunakan media yang digunakan, siswa mengeluhkan kuota internet yang boros, koneksi sinyal yang buruk dan terdapat sebagian besar siswa yang telat mengumpulkan tugas. Maka dari itu guru PAI menindaklanjuti dengan menggunakan strategi berupa pemberian kelonggaran waktu untuk pengumpulan tugas sesuai waktu yang ditentukan, memberikan bantuan paket internet untuk siswa, serta siswa yang kesulitan dalam mengoperasikan media pembelajaran dengan melakukan pembiasaan dan pendampingan secara langsung.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.titlePersepsi Guru Pai Tentang Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts N 9 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM17422113


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record