Dampak Bermain Game Online Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universiras Islam Indonesia Di Angkatan Tahun 2015
Abstract
Perilaku belajar sangat penting bagi mahasiswa untuk menunjang sebuah
hasil yang sebagaimana mestinya tujuan dari mahasiswa tersebut yakni dituntut
memahami sebuah permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan realitas
penggunaan game online pada kalangan mahasiswa sangat banyak ditemukan hal
ini bisa saja berdampak pada perilaku belajar mereka yang sebagaimana mestinya
tujuan dari mahasiswa tersebut. Maka dari hal itu penelitian ini bertujuan untuk
mencari tahu bagaimana realitas serta faktor dan dampak bermain game online pada
perilaku belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam
Indonesia pada Angkatan 2015.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dilaksanakan di
Universitas Islam Indonesia. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi
Pendidikan Agama Islam di Angkatan 2015. Teknik pengambilan data diperoleh
dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk
mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Teknik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa realitas penggunaan game
online pada mahasiswa angkatan 2015 sebagian besar memainkan game online
tersebut. Hal itu dilatar belakangi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor
eksternal, namun dampak yang ditimbulkan lebih ke dampak positif pada perilaku
belajarnya dengan demikian menyimpulkan dengan beberapa indikasi yakni; 1.
Game online bagi mereka hanya menjadi alternatif. 2. Managemen waktu yang
baik. 3. Perduli terhadap perilaku belajar. 4. Tanggung jawab kepada orang tua.
Collections
- Islamic Education [862]