Manajemen Liputan Media Lokal Cirebon Dalam Peristiwa Bencana Banjir Tahun 2021 (Studi Kasus Liputan Bencana Cirebonraya, Fajar Cirebon, Dan Radarcirebon.Com)
Abstract
Manajemen Redaksi merupakan langkah yang dilakukan media untuk
menghasilkan berita yang baik serta akurat sebelum disebarluaskan kepada
khalayak. Fungsi manajemen redaksi meliputi empat aspek,yaitu
Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
manajemen redaksional media lokal di Cirebon yakni RadarCirebon,
FajarCirebon, dan CirebonRaya dalam menyusun berita banjir di Cirebon
tahun 2021. Ketiga media diatas merupakan media lokal di Cirebon yang
aktif memberitakan banjir di wilayah Cirebon dengan fokus pemberitaan
yang berbeda dari mulai fase prabencana, bencana, hingga pascabencana.
Selain itu, dorongan penulis untuk meneliti bagaimana manajemen redaksi
peliputan banjir pada ketiga media lokal di Cirebon tersebut adalah
manajemen redaksi merupakan tuntunan dalam suatu peliputan oleh media
khususnya dalam peliputan banjir. Penelitian ini dilakukan dengan metode
deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif
yang baik tertulis dan tidak tertulis dari orang-orang dan perilaku yang
diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga media tersebut
melakukan keempat tahapan manajemen redaksi dari mulai perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, hingga pengawasan, namun setiap
tahapan dilakukan secara berbeda khususnya pada tahap pengawasan
dimana Fajar Cirebon berdasarkan temuan penulis tidak melakukan
evaluasi pada akhir liputan namun ditengah liputan berjalan untuk
memastikan bahwa data dalam suatu berita sudah lengkap sebelum
diunggah di website. Sementara, CirebonRaya dan RadarCirebon.com
melakukan evaluasi secara flexibel dan dijadikan bahan perbaikan untuk
liputan selanjutnya.
Collections
- Communication [943]