Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Dalam Penggunaan Fitur Paylater Pada E- Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat,
kemudahan, diskon, daya tarik promosi, kualitas layanan, terhadap minat
penggunaan paylater pada saat berbelanja di e-commerce. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia. Metode
sampling yang digunakan yaitu convenience sampling (Accidental Sampling)
dengan kriteria sampel yang telah ditetapkan dalam penelitian ini yakni, Mahasiswa
Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia yang menggunakan
fitur pembayaran paylater. Penyebaran serta pengisian kuesioner dilakukan melalui
Google form dan diperoleh data sebanyak 119 responden sebagai sampel dalam
penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology
Acceptance Model (TAM) atau model penerimaan teknologi. Data pada penelitian
ini diolah menggunakan SmartPLS 3. Pada penelitian ini membuktikan bahwa
variabel manfaat, kemudahan, diskon,dan kualitas layanan memiliki pengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap minat penggunaan paylater. Kemudian,
variabel daya tarik promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
minat penggunaan paylater.
Collections
- Akuntansi [4403]