Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Kalis Donuts Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran merupakan suatu langkah awal dalam mewujudkan
suatu tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan membuat strategi adalah untuk meningkatkan
performa penjualan mereka. Dimasa pandemi Covid-19 ini, beberapa perusahaan memperbarui
strategi sebelumnya untuk mempertahankan perusahaan mereka. Kalis Donuts merupakan salah
satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan. Kalis Donuts juga bergerak memperbarui
strategi sebelumnya di masa pandemi Covid-19 ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Kalis Donuts
mempertahankan perusahaan mereka dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Dalam
mempertahankan perusahaan Kalis Donuts, mereka menggunakan secara online dan offline
sebagai strategi komunikasi pemasaran produk makanan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan studi pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengawali dengan teknik observasi
dengan melakukan wawancara pada pihak Kalis Donuts dan para customer Kalis Donuts serta
data sekunder berupa studi dokumen. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme.
Hasil penelitian menunjukan pada awal pandemi Covid-19 ini, Kalis Donuts
menemukan strategi pemasaran yang baru. Kalis Donuts menggunakan dua media yaitu secara
online dan offline. Dalam secara online strategi komunikasi pemasaran yang ditemukan yaitu
mereka mengoptimalisasi Promosi melalui Media Sosial serta juga penggunaan aplikasi online
yaitu berupa ojek online, dan secara offline strategi komunikasi yang ditemukan Kalis Donuts
yaitu Promosi Kalis Donuts melalui Personal Selling, Pemasaran melalui Public Relations,
Memberikan potongan harga dalam bentuk kupon (sales promotion). Pada penelitian ini juga
menunjukkan perbandingan penjualan melalui secara online dan offline.
Collections
- Communication [944]