Show simple item record

dc.contributor.authorAsh Shiddiqi, Muhammad Habib
dc.date.accessioned2022-08-08T08:56:10Z
dc.date.available2022-08-08T08:56:10Z
dc.date.issued2022-02-26
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/38223
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran sains dengan praktikum sederhana untuk kelas VI di SD Islam Terpadu Al-Kautsar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data. Metode triangulasi data dalam penelitian ini adalah menemukan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran sains yang berbasis praktikum sederhana. Materi sains yang digunakan dalam penelitian ini ialah pembiakan tanaman dan rangkaian listrik. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa-siswi kelas VI SD Islam terpadu AlKautsar Jerowaru pada tahun ajaran 2021/2022. Proses penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu: (1) persiapan dan perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) pengumpulan dan analisis data. Pembelajaran sains di SDIT AlKautsar Jerowaru masih kurang dalam literasi sains terutama dalam penerapan pembelajaran sains berbasis praktikum. Dengan adanya penelitian ini, praktikum sederhana yang dilakukan oleh siswa kelas VI dapat terlaksana dan siswa dapat menerapkan materi pembelajaran yang didapatkan melalui praktikum sederhana yang dilakukan oleh peneliti bersama siswa berdasarkan hasil observasi dalam proses pembelajaran sains berbasis praktikum sederhana pada siswa SDIT Al Kautsar dan wawancara kepada guru serta kepala sekolah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSainsen_US
dc.subjectPraktikum Sederhanaen_US
dc.titleProfil Pembelajaran Sains Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Kelas VI di SD Islam Terpadu Al-Kautsar Jerowaruen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record