Profil Pembelajaran Sains Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Kelas VI di SD Islam Terpadu Al-Kautsar Jerowaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran sains dengan praktikum
sederhana untuk kelas VI di SD Islam Terpadu Al-Kautsar. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data. Metode
triangulasi data dalam penelitian ini adalah menemukan data dengan melakukan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan proses pembelajaran sains yang berbasis praktikum sederhana. Materi
sains yang digunakan dalam penelitian ini ialah pembiakan tanaman dan rangkaian
listrik. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa-siswi kelas VI SD Islam terpadu AlKautsar Jerowaru pada tahun ajaran 2021/2022. Proses penelitian ini dibagi menjadi
tiga tahap yaitu: (1) persiapan dan perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan
pembelajaran, (3) pengumpulan dan analisis data. Pembelajaran sains di SDIT AlKautsar Jerowaru masih kurang dalam literasi sains terutama dalam penerapan
pembelajaran sains berbasis praktikum. Dengan adanya penelitian ini, praktikum
sederhana yang dilakukan oleh siswa kelas VI dapat terlaksana dan siswa dapat
menerapkan materi pembelajaran yang didapatkan melalui praktikum sederhana yang
dilakukan oleh peneliti bersama siswa berdasarkan hasil observasi dalam proses
pembelajaran sains berbasis praktikum sederhana pada siswa SDIT Al Kautsar dan
wawancara kepada guru serta kepala sekolah.
Collections
- Chemistry Education [326]