Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Dan Nilai - Nilai Sosial Kognitif Terhadap Niat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Investasi Saham
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang
mempengaruhi penggunaan aplikasi investasi saham dari teori Technology
Acceptance Model (TAM) dan Social cognitive theory (SCT) meliputi persepsi
kegunaan, persepsi kemudahan, interaksi digital, kepercayaan kepada penyedia
layanan, dan kesesuaian gaya hidup. Data penelitian merupakan data primer dari
survei kuesioner yang dibagikan kepada sampel penelitian sebanyak 181 responden
dalam populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dari Universitas yang ada di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Analisa data menggunakan metode SEM-PLS dengan alat
analisa SmartPLS. Hasil penelitian yang diperoleh memberikan bukti bahwa
persepsi kegunaan, interaksi digital, kepercayaan kepada penyedia memberikan
pengaruh positif terhadap niat menggunakan aplikasi investasi saham. Sedangkan
persepsi kemudahan dan kesesuaian gaya hidup tidak berpengaruh terhadap niat
menggunakan aplikasi investasi saham.
Collections
- Akuntansi [4660]