Determinan Keputusan Masyarakat Menjadi Donatur Crowdfunding Berbasis Online
Abstract
Teknologi merubah segala aktivitas manusia saat ini bahkan dalam melakukan
transaksi untuk donasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
variabel kemudahan sistem, empati, risiko, reputasi, pendapatan, dan
kepercayaan dapat memengaruhi keputusan masyarakat menjadi donatur di
platform crowfunding berbasis online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
kuantitatif dengan data primer dan dianalisis menggunakan program software
SmartPLS versi 3.0. Pengujian hipotesis dengan pendekatan Partial Least
Square (PLS), dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan
inner model. Sampel minimum berjumlah 200, diperoleh melalui teknik
convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner selama satu minggu kepada masyarakat Indonesia yang pernah dan
akan berdonasi pada platform crowfunding dengan menerapkan 3 (tiga)
kriteria. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa variabel
determinan yang tidak memengaruhi secara positif dan signifikan keputusan
berdonasi di platform crowfunding berbasis online adalah kemudahan,
empati, risiko, reputasi, dan pendapatan sedangkan yang memengaruhi secara
positif dan signifikan keputusan berdonasi di platform crowfunding berbasis
online adalah kepercayaan.
Collections
- Akuntansi [4444]