Sistem Rekomendasi Hotel Dengan Pendekatan Content-Based Filtering (Studi Kasus: Hotel Di Yogyakarta Pada Website Nusatrip.Com)
Abstract
Meningkatnya pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi
terhambat seringkali memunculkan stress jika harus berada dirumah secara terus
menerus. Hal ini menyebabkan meningkatnya tren staycation atau kegiatan
berlibur di kota sendiri dengan menyewa sebuah hotel. Teknologi penyewaan
hotel mulai dialihkan dengan adanya OTA (Online Travel Agent). Adanya
berbagai macam hotel dengan berbagai macam fasilitas yang disuguhkan
membuat masyarakat sering merasa kebingungan dalam memilih hotel yang akan
ditempatinya. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba
membuat sebuah recommendation system untuk membantu calon penghuni hotel
dalam memilih hotel sesuai dengan pilihannya. Selain itu juga dapat membantu
perusahaan dalam meningkatkan pemesanan kamar hotel melalui website-nya.
Dalam penelitian ini, peneliti akan membangun sebuah recommendation system
hotel di Yogyakarta pada salah satu OTA di Indonesia menggunakan ContentBased
Filtering Methods, pembobotan data teks menggunakan Term FrequencyInvers
Document Frequency (TF-IDF) Methods, dan mengukur kemiripan
dokumen menggunakan Cosine Similarity Methods. Berdasarkan hasil
rekomendasi hotel Good Karma Yogyakarta sebagai contoh pengujian,
didapatkan 10 hotel yang mirip yaitu Happy Buddha Yogyakarta – Hostel,
Nextdoor Homestay, Hotel Puspita, OYO 426 Hotel Gading Resto, Omah Jegog
Homestay, Prawirotaman Homestay, RedDoorz near Prawirotaman, Ayodhya
Garden Hostel Yogyakarta by HOM, Bringin House Yogyakarta, dan House 24
Yogyakarta dengan nilai cosine similarity secara berturut-turut sebesar
0.956666513, 0.946570717, 0.917459394, 0.912534877, 0.886439718,
0.88221982, 0.881775275, 0.875845794, 0.872030219, dan 0.871514859.
Collections
- Statistics [899]