Show simple item record

dc.contributor.advisorAyundyah Kesumawarti, S.Si., M.Si
dc.contributor.authorCHERYL AYU MELYANI
dc.date.accessioned2022-07-14T04:39:35Z
dc.date.available2022-07-14T04:39:35Z
dc.date.issued2022-01-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37946
dc.description.abstractMeningkatnya pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi terhambat seringkali memunculkan stress jika harus berada dirumah secara terus menerus. Hal ini menyebabkan meningkatnya tren staycation atau kegiatan berlibur di kota sendiri dengan menyewa sebuah hotel. Teknologi penyewaan hotel mulai dialihkan dengan adanya OTA (Online Travel Agent). Adanya berbagai macam hotel dengan berbagai macam fasilitas yang disuguhkan membuat masyarakat sering merasa kebingungan dalam memilih hotel yang akan ditempatinya. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba membuat sebuah recommendation system untuk membantu calon penghuni hotel dalam memilih hotel sesuai dengan pilihannya. Selain itu juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pemesanan kamar hotel melalui website-nya. Dalam penelitian ini, peneliti akan membangun sebuah recommendation system hotel di Yogyakarta pada salah satu OTA di Indonesia menggunakan ContentBased Filtering Methods, pembobotan data teks menggunakan Term FrequencyInvers Document Frequency (TF-IDF) Methods, dan mengukur kemiripan dokumen menggunakan Cosine Similarity Methods. Berdasarkan hasil rekomendasi hotel Good Karma Yogyakarta sebagai contoh pengujian, didapatkan 10 hotel yang mirip yaitu Happy Buddha Yogyakarta – Hostel, Nextdoor Homestay, Hotel Puspita, OYO 426 Hotel Gading Resto, Omah Jegog Homestay, Prawirotaman Homestay, RedDoorz near Prawirotaman, Ayodhya Garden Hostel Yogyakarta by HOM, Bringin House Yogyakarta, dan House 24 Yogyakarta dengan nilai cosine similarity secara berturut-turut sebesar 0.956666513, 0.946570717, 0.917459394, 0.912534877, 0.886439718, 0.88221982, 0.881775275, 0.875845794, 0.872030219, dan 0.871514859.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStaycationen_US
dc.subjectHotelen_US
dc.subjectRecommendation Systemen_US
dc.subjectContent-Based Filteringen_US
dc.titleSistem Rekomendasi Hotel Dengan Pendekatan Content-Based Filtering (Studi Kasus: Hotel Di Yogyakarta Pada Website Nusatrip.Com)en_US
dc.Identifier.NIM18611001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record