Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Makanan Kemasan Lokal (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta) The Effects Of Halal Labelling, Price, And Promotion On The Repurchase Interest To The Local Packaged Food
Abstract
Berkembangnya suatu bisnis yang terjadi saat ini, menyebabkan adanya persaingan
dan kompetisi dalam suatu bisnis yang semakin ketat diantara kalangan produsen
makanan, khususnya dalam bidang makanan kemasan lokal. Selain itu juga sebagai
seorang produsen harus bisa membaca peluang dan harus dapat mengetahui pangsa
pasar yang ingin dituju, karena konsumen dalam membeli suatu produk pasti
melihat dari beberapa faktor, seperti faktor labelisasi halal, harga dan promosi yang
sangat menentukan minat beli ulang konsumen terhadap suatu produk makanan
kemasan lokal. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang
pengaruh labelisasi halal, harga dan promosi terhadap minat beli ulang pada
makanan kemasan lokal di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal, harga dan
promosi terhadap minat beli ulang pada makanan kemasan lokal di Kecamatan
Gondokusuman Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
makanan kemasan lokal yang berusia antara 17-55 tahun, serta sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan pengambilan sampel menggunakan metode non probability
sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda karena
terdapat lebih dari satu variabel bebas seperti variabel labelisasi halal, harga dan
promosi. Dari hasil penelitian menggunakan uji T (parsial) menunjukan bahwa
variabel labelisasi halal dan promosi berpengaruh terhadap minat beli ulang pa0da
makanan kemasan lokal di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta,
sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang pada
makanan kemasan lokal di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Hasil
penelitian menggunakan uji F (simultan) menunjukan bahwa antara variabel
labelisasi halal, harga dan promosi secara simultan terdapat pengaruh terhadap
minat beli ulang pada makanan kemasan lokal di Kecamatan Gondokusuman Kota
Yogyakarta.
Collections
- Islamic Economics [826]