Pengaruh Efektivitas Pembukaan Rekening Online Dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Di Jawa Timur)
Abstract
Munculnya virus pandemi covid 19 sangat berdampak bagi aktifitas kehidupan masyarakat
hingga pemanfaatan teknologi yang semakin tinggi mengakibatkan perkembangan teknologi
yang semakin pesat. Hal ini juga dimanfaatkan oleh perbankan syariah dengan menawarkan
inovasi produk digital yaitu BSI Mobile. Fitur yang cukup dikembangkan saat ini adalah
pembukaan rekening online yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat waktu
nasabah dalam melakukan pembukaan. Dalam memperkenalkan fitur pembukaan rekening
online ini untuk menarik minat nasabah kegiatan promosi menjadi hal terpenting sebagai alat
berkomunikasi dalam mempengaruhi nasabah. Selain itu juga, efektivitas pembukaan rekening
online berupa kemudahan juga penting karena langsung dirasakan dan dimanfaatkan oleh
nasabah. Merujuk dari hal tersebut mempertanyakan pengaruh efektivitas pembukaan rekening
online dan promosi terhadap minat menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di masa Pandemi
Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel
sebanyak 200 responden yang dilakukan pada Oktober 2021. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria responden nasabah Bank Syariah
Indonesia, pernah melakukan pembukaan rekening online, pernah melakukan transaksi dan
berdomisili di Provinsi Jawa Timur. Analisis penelitian dalam pengelolaan data menggunakan
regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel efektivitas pembukaan
rekening online (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah (Y) dibuktikan
dengan hasil uji T nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan variabel promosi pembukaan rekening online (X2)
berpengaruh signifikansi terhadap minat menjadi nasabah (Y) dibuktikan dengan hasil uji T nilai
Sig. 0,000 < 0,05.
Collections
- Islamic Economics [826]