Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Dan Niat Berkelanjutan Menggunakan E-Filing
Abstract
E-Filing merupakan sistem pelaporan SPT secara elektronik bagi wajib pajak orang
pribadi maupun badan ke Direktorat Jendral Pajak. Dalam era digital saat ini
pemerintah mengembangkan e-government yang terdiri dari e-filing untuk
mempermudah wajib pajak dalam pelaporan perpajakannya. Penelitian ini membahas
faktor – faktor yang mempengaruhi niat wajib pajak untuk terus menggunakan efiling
untuk mengajukan SPT Tahunan mereka dengan acuan Expectation –
Confirmation Model (ECM). ECM merupakan model pasca – penerimaan ntuk
mempelajari dinamika keyakinan dan sikap pengguna dalam menggunakan dan
penggunaan kembali suatu sistem teknologi. Penelitian ini menggunakan faktor
persepsi manfaat, konfirmasi, kualitas layanan, kualitas sistem, dan kualitas informasi
yang secara positif mempengaruhi niat wajib pajak untuk terus menggunakan e-filing
dan apakah kepuasan wajib pajak akan memediasi relasinya. Pemilihan sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling,
dengan kriteria sampel wajib pajak yang pernah atau sedang menggunakan sistem efiling
dalam pelaporan SPT Tahunannya. Data dikumpulkan menggunakan metode
primer yang diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh
sampel sebanyak 183 wajib pajak yang menggunakan e-filing dengan metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui
Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel secara
lebih kompleks, dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini
menegaskan bahwa persepsi manfaat, konfirmasi, kualitas layanan, kualitas sistem,
kualitas informasi, dan kepuasan wajib pajak secara positif mempengaruhi niat wajib
pajak untuk terus menggunakan e-filing.
Collections
- Akuntansi [4403]