Show simple item record

dc.contributor.advisorMuamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt
dc.contributor.authorFANYSIA AMIRUL RIZA
dc.date.accessioned2022-06-21T07:24:20Z
dc.date.available2022-06-21T07:24:20Z
dc.date.issued2022-01-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37833
dc.description.abstractE-Filing merupakan sistem pelaporan SPT secara elektronik bagi wajib pajak orang pribadi maupun badan ke Direktorat Jendral Pajak. Dalam era digital saat ini pemerintah mengembangkan e-government yang terdiri dari e-filing untuk mempermudah wajib pajak dalam pelaporan perpajakannya. Penelitian ini membahas faktor – faktor yang mempengaruhi niat wajib pajak untuk terus menggunakan efiling untuk mengajukan SPT Tahunan mereka dengan acuan Expectation – Confirmation Model (ECM). ECM merupakan model pasca – penerimaan ntuk mempelajari dinamika keyakinan dan sikap pengguna dalam menggunakan dan penggunaan kembali suatu sistem teknologi. Penelitian ini menggunakan faktor persepsi manfaat, konfirmasi, kualitas layanan, kualitas sistem, dan kualitas informasi yang secara positif mempengaruhi niat wajib pajak untuk terus menggunakan e-filing dan apakah kepuasan wajib pajak akan memediasi relasinya. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling, dengan kriteria sampel wajib pajak yang pernah atau sedang menggunakan sistem efiling dalam pelaporan SPT Tahunannya. Data dikumpulkan menggunakan metode primer yang diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 183 wajib pajak yang menggunakan e-filing dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel secara lebih kompleks, dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa persepsi manfaat, konfirmasi, kualitas layanan, kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan wajib pajak secara positif mempengaruhi niat wajib pajak untuk terus menggunakan e-filing.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-filingen_US
dc.subjectExpectation – Confirmation Modelen_US
dc.subjectConfirmation Modelen_US
dc.subjectpersepsi manfaaten_US
dc.subjectkonfirmasien_US
dc.subjectkualitas layananen_US
dc.subjectkualitas sistemen_US
dc.subjectkualitas informasien_US
dc.subjectkepuasan penggunaen_US
dc.subjectniat melanjutkan peng gunaan e-filingen_US
dc.titleFaktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Dan Niat Berkelanjutan Menggunakan E-Filingen_US
dc.Identifier.NIM18312117


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record