Hubungan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Kreativitas Mengajar Guru Pada Pembelajaran Kimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kategori motivasi belajar peserta
didik pada pembelajaran kimia; 2) mengetahui kategori kreativitas mengajar guru
pada pembelajaran kimia; dan 3) mengetahui hubungan yang signifikan antara
motivasi belajar peserta didik dengan kreativitas mengajar guru pada
pembelajaran kimia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta
didik jurusan MIPA dibeberapa SMAN Kabupaten Sleman, meliputi: SMAN 1
Sleman, SMAN 1 Depok Sleman, SMAN 1 Prambanan, SMAN 1 Kalasan dan
SMAN 1 Ngaglik yaitu sebesar 1.342 peserta didik. Adapun jumlah sampel dalam
penelitian ini yaitu sebanyak 464 peserta didik, metode sampling yang digunakan
adalah convenience sampling. Pengambilan data menggunakan teknik non tes
berupa angket dalam bentuk Google Form. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan uji non parametric yaitu uji Spearman. Berdasarkan hasil
analisis data, didapatkan hasil bahwa: 1) motivasi belajar pada pembelajaran
kimia peserta didik dibeberapa SMAN Kabupaten Sleman, meliputi: SMAN 1
Sleman, SMAN 1 Ngaglik, SMAN 1 Kalasan, SMAN 1 Prambanan dan SMAN 1
Depok Sleman memiliki kategori yang baik; 2) kategori kreativitas mengajar guru
pada pembelajaran kimia dibeberapa SMAN Kabupaten Sleman, meliputi: SMAN
1 Sleman, SMAN 1 Ngaglik, SMAN 1 Kalasan, SMAN 1 Prambanan dan SMAN
1 Depok Sleman memiliki kategori baik; dan 3) terdapat hubungan yang
signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan kreativitas mengajar guru
pada pembelajaran kimia dibeberapa SMAN Kabupaten Sleman, meliputi: SMAN
1 Sleman, SMAN 1 Ngaglik, SMAN 1 Kalasan, SMAN 1 Prambanan dan SMAN
1 Depok Sleman.
Collections
- Chemistry Education [324]