Hubungan Kemampuan Guru Dalam Memotivasi Belajar Kimia Dan Motivasi Belajar Kimia Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan guru Kimia yang
merupakan alumni Pendidikan Kimia UII dalam memotivasi belajar Kimia peserta
didik yang diajar oleh guru Kimia alumni Pendidikan Kimia UII 2) Motivasi belajar
Kimia peserta didik di 6 (enam) sekolah diantaranya yaitu: MAN Ende, SMA
Tripple J, MA Cokro, SMK Muhammadiyah Banjar, SMK YKPP, dan SMK Al
Ittihad yang diajar oleh guru Kimia alumni Pendidikan Kimia UII 3) Hubungan
antara rata-rata kemampuan guru Kimia yang merupakan alumni Pendidikan Kimia
UII dalam memotivasi belajar Kimia peserta didik dan rata-rata motivasi belajar
Kimia peserta didik di 6 (enam) sekolah 4) Hubungan antara kemampuan guru
Kimia yang merupakan alumni Pendidikan Kimia UII dalam memotivasi belajar
Kimia peserta didik dan motivasi belajar Kimia peserta didik MAN Ende 5)
Hubungan antara kemampuan guru Kimia yang merupakan alumni Pendidikan
Kimia UII dalam memotivasi belajar Kimia peserta didik dan motivasi belajar
Kimia peserta didik SMA Tripple J 6) Hubungan antara kemampuan guru Kimia
yang merupakan alumni Pendidikan Kimia UII dalam memotivasi belajar Kimia
peserta didik dan motivasi belajar Kimia peserta didik MA Cokro 7) Hubungan
antara kemampuan guru Kimia yang merupakan alumni Pendidikan Kimia UII
dalam memotivasi belajar Kimia peserta didik dan motivasi belajar Kimia peserta
didik SMK Muhammadiyah Banjar 8) Hubungan antara kemampuan guru Kimia
yang merupakan alumni Pendidikan Kimia UII dalam memotivasi belajar Kimia
peserta didik dan motivasi belajar Kimia peserta didik SMK YKPP 9) Hubungan
antara kemampuan guru Kimia yang merupakan alumni Pendidikan Kimia UII
dalam memotivasi belajar Kimia peserta didik dan motivasi belajar Kimia peserta
didik SMK Al Ittihad. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui metode non tes yaitu dengan menggunakan
angket, yaitu angket kemampuan guru dalam memotivasi belajar Kimia dan
motivasi belajar Kimia peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan
penentuan kriteria kemampuan guru memotivasi belajar kimia peserta didik dan
motivasi belajar kimia peserta didik serta analisis korelasi menggunakan statistika
non parametrik uji korelasi Kendall’s Tau. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa 1) Kemampuan guru Kimia dalam memotivasi belajar Kimia
peserta didik mendapatkan kriteria baik 2) Motivasi belajar Kimia peserta didik
MAN Ende, SMA Tripple J, SMK YKPP dan SMK Al Ittihad mendapatkan kriteria
baik, sedangkan di MA Cokroaminoto Wanadadi, SMK Muhammadiyah Banjar
mendapatkan kategori cukup 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara rata-rata kemampuan guru Kimia alumni Pendidikan Kimia UII memotivasi belajar Kimia
dan rata-rata motivasi belajar Kimia peserta didik yang diajar oleh guru Kimia
alumni Pendidikan Kimia UII 4) Terdapat hubungan antara kemampuan guru Kimia
alumni Pendidikan Kimia UII memotivasi belajar Kimia dan motivasi belajar Kimia
peserta didik yang diajar oleh guru Kimia alumni Pendidikan Kimia UII pada 6
(enam) sekolah.
Collections
- Chemistry Education [324]