Resepsi Masyarakat Terkait Diskriminasi Dan Pelanggaran Ham Pada Muslim Uighur Di Media Online Tempo.Co Dan Republika.Co.Id
Abstract
Fenomena Muslim Uighur telah mengundang perhatian dunia, termasuk Indonesia. Media
online ramai memberitakan mengenai Pemerintah China yang telah melakukan penindasan dan
kejahatan terhadap Muslim Uighur seperti pembunuhan, penyiksaan, pembakaran sekolah,
ketidakbebasan beribadah, pemusnahan tempat ibadah, dan masih banyak lagi. Sesuai
fungsinya, media online sebagai sarana penyebaran informasi dapat memudahkan khalayak
dalam mengakses informasi yang diinginkannya. Media online dengan sigap menyajikan
pemberitaan mengenai kejadian-kejadian yang menimpa Muslim Uighur, pemberitaan tersebut
disusun dengan baik sehingga pesan yang disampaikan dapat dimaknai oleh khalayak.
Penelitian ini menggunakan analisis resepsi yang bertujuan untuk mengetahui pemaknaan
secara mendalam masyarakat terhadap pemberitaan mengenai diskriminasi dan pelanggaran
HAM pada Muslim Uighur di media online Tempo.co dan Republika.co.id, serta mengetahui
faktor-faktor yang melatarbelakangi khalayak dalam memaknai pemberitaan tersebut.
Tempo.co merupakan media yang cenderung idealis dan politis dan Republika.co.id memiliki
sifat media yang cenderung islami.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara
kepada beberapa informan. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivis mahasiswa di organisasi
islam atau orang-orang yang aktif dalam kegiatan keislaman dan pernah membaca pemberitaan
syariat islam di berbagai media online termasuk Tempo.co dan Republika.co.id, serta memiliki
pemahaman dan pengalaman atas tema penelitian. Sample dalam penelitian ini sebanyak 5
orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam media online Tempo.co terdapat tiga
informan dengan posisi dominan dan dua lainnya masuk dalam posisi negosiasi. Sedangkan
pada Republika.co.id terdapat tiga informan dengan posisi dominan dan dua informan dengan
posisi negosiasi. Adapun Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi informan dalam meresepsi
yaitu faktor lingkungan, faktor pengalaman, faktor pendidikan, dan faktor kebiasaan/hobi
membaca dan media habit.
Collections
- Communication [952]