Aplikasi Metode Quality Function Deployment Dan Metode Taguchi Dalam Perancangan Label Kemasan Air Minum Dalam Kemasan
Abstract
Bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) semakin bertumbuh di Indonesia. Tidak sedikit Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) pun ikut terjun ke dalam bisnis ini. Makhoa merupakan produk AMDK yang diproduksi oleh PDAM Tirta Gemilang, Kabupaten Magelang. Salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan produk adalah diperlukannya desain label kemasan yang dapat meningkatkan daya tarik visual dan hirarki informasi.
Dalam usaha meningkatkan daya tarik visual dan hirarki informasi desain label kemasan produk Makhoa, maka perlu diketahui definisi hubungan keinginan konsumen terhadap atribut-atribut pembangun desain label kemasan AMDK melalui pendekatan Metode Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan urutan prioritas persyaratan teknis diperoleh secara berurutan faktor-faktor pembangun desain label kemasan yaitu pemilihan citra sesuai produk (17,05%), pemilihan ukuran huruf (16,01%), pemilihan warna latar belakang (15,546%), pemilihan warna huruf (15,507%), pemilihan jenis huruf (13,992%), penampilan yang artistik dan unik (10,999%), dan pemilihan warna citra (10,895%). Analisis Variansi (Anova) pada tahapan desain eksperimen memberikan hasil bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya tarik visual adalah warna latar belakang desain (faktor A), warna gambar gunung (faktor C), ukuran huruf teks (faktor F), dan gambar (faktor G), sedangkan untuk respon hirarki informasi adalah warna latar belakang desain (faktor A), warna gambar gunung (faktor C), jenis huruf teks (faktor E), dan ukuran huruf teks (faktor F).
Selanjutnya, berdasarkan perhitungan Signal-to-Noise Ratio (SNR) pada metode Taguchi diperoleh kombinasi level faktor yang dapat meningkatkan respon daya tarik visual dan hirarki informasi adalah kombinasi level faktor A1B2C1D2E2F1G1H1. Hal ini dikuatkan dengan hasil uji prediksi dan uji beda yang menyatakan bahwa kombinasi tersebut tidak memiliki perbedaan rata-rata antara hasil prediksi dan hasil konfirmasi. Uji beda antara desain label kemasan hasil prediksi dan desain label kemasan awal menunjukkan ada peningkatan preferensi konsumen terhadap daya tarik visual dan hirarki informasi.
Kata Kunci: daya tarik visual, hirarki informasi, Quality Function Deployment, Taguchi, level faktor