Representasi Kegigihan Pada Film Josee, The Tiger, And The Fish: Analisis Semiotika Roland Barthes
Abstract
Media film dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak ramai dengan
efektif. Film animasi merupakan salah satu genre film yang banyak diminati oleh generasi muda
sehingga dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan. Film animasi Josee, the Tiger and
the Fish Film (2020) merupakan salah satu film yang banyak menyampaikan pesan positif untuk
generasi muda dan mendapatkan respon positif dari audiens. Penelitian ini berupaya mengungkap
makna dan representasi kegigihan dalam yang terdapat dalam film Josee, the Tiger and the Fish
(2020).
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis denotasi,
konotasi, dan mitos. Objek penelitian ini adalah representasi kegigihan dalam film Josee, the Tiger
and the Fish (2020) dengan menggunakan beberapa tangkapan layar dari film sebagai unit analisis.
Penelitian ini menemukan bahwa film Josee, the Tiger and the Fish (2020) mempunyai
pesan moral terkait kegigihan yang ditunjukkan melalui tokoh Josee dan Tsuneo yang ditunjukkan oleh simbol-simbol secara visual, verbal, dan nonverbal. Beberapa representasi kegigihan yang
ditemukan dalam penelitian ini mendukung mitos dalam masyarakat Jepang terkait kegigihan
terutama dalam menghadapi ujian kehidupan, memperbaiki diri ke arah yang lebih baik, dan
kegigihan dalam menuntut ilmu. Penelitian ini menguatkan penelitian sebelumnya yang
menunjukkan bahwa film secara semiotik dapat merepresentasikan mitos yang ada dalam suatu
masyarakat.
Collections
- Communication [952]