Show simple item record

dc.contributor.advisorHoly Rafika Dhona S.I.Kom., M.A.
dc.contributor.authorJAMAL ABAN MARUF
dc.date.accessioned2022-05-27T02:53:59Z
dc.date.available2022-05-27T02:53:59Z
dc.date.issued2021-01-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37571
dc.description.abstractKomunikasi dan interaksi sangat diperlukan oleh manusia yang merupakan makhluk sosial yang menunjukan bahwa setiap manusia memerlukan bantuan orang lain. Salah satu metode sederhana yang diterapkan dalam pasar tradisional adalah metode komunikasi dalam bertransaksi. Pada umumnya, pedagang pasar tradisional melakukan komunikasi dengan disertai rasa kepedulian dan kenyamanan kepada calon pembeli dan pelanggan sehingga terjadi pembicaraan yang hangat antara mereka sehingga secara tidak langsung menumbuhkan rasa kekeluargaan dan memperkuat hubungan persaudaraan antara mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh pedagang di Pasar Tradisional Kroya, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pedagang besar di pasar tradisional Kroya yang minimal 10 tahun berjualan di pasar tradisional Kroya, aktif melakukan transaksi perdagangan dan bersedia untuk diwawancarai. Adapun yang menjadi narasumber penelitian ini adalah pembeli dan pelanggan pedagang tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pedagang di pasar tradisional Kroya memiliki kompetensi komunikasi interpersonal yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan terpenuhinya 6 elemen kompetensi komunikasi yaitu pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), sikap (attitude), kebenaran (truth), kebebasan (freedom) dan keadilan (justice). Selain itu, beberapa bukti yang menunjukkan baiknya kompetensi komunikasi pedagang tradisional Kroya adalah kepuasan yang dirasakan oleh para konsumen, kesanggupan untuk menjadi pelanggan tetap dan eksisnya usaha para pedagang tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKompetensi Komunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectPedagang Pasar Tradisionalen_US
dc.titleKompetensi Komunikasi Interpersonal Pedagang Pasar Tradisional Kroya, Cilacap, Jawa Tengahen_US
dc.Identifier.NIM14321197


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record