Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking di Yogyakarta” ini bertujuan untuk menguji apakah faktor manfaat teknologi, kemudahan penggunaan, keamanan dan privasi, norma subjektif dan kemajuan teknologi berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan internet banking. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar penelitian dan fokus pada variabel eksternal TAM dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem internet banking, selain TAM, penelitian ini juga didukung oleh teori lainnya.
Penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling aksidental dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 168 yang tersebar dan 153 kuesioner yang diterima dan dapat diolah yang merupakan nasabah Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri yang ada di Yogyakarta. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 16.0.
Dari lima hipotesis yang diujikan, satu diantaranya tidak terbukti secara signifikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah manfaat teknologi, keamanan dan privasi, norma subjektif, dan kemajuan teknologi yang berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan internet banking. Sedangkan kemudahan penggunan tidak berpengaruh signifika terhadap minat nasabah untuk menggunakan internet banking.
Kata Kunci : Manfaat Teknologi, Kemudahan Penggunaan, Keamanan dan Privasi, Norma Subjektif, Kemajuan Teknologi, Minat Nasabah, Internet Banking
Collections
- Akuntansi [4426]