Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Minat Untuk Bertransaksi Eticket
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh privasi, keamanan, kepercayaan, persepsi resiko,
sikap, pengalaman, norma subjektif, kontrol perilaku, terhadap niat bertransaksi e-ticket. Penelitian ini
menggunakan teori TPB untuk memahami pendekatan pada tiap-tiap variable. Hipotesis yang dihasilkan:
(1) Privasi berpengaruh positif terhadap persepsi resiko . (2) Keamanan berpengaruh positif terhadap
persepsi resiko. (3) Kepercayaan berpengaruh negatif terhadap persepsi resiko. (4) Kepercayaan
berpengaruh positif terhadap sikap konsumen . (5) Persepsi resiko berpengaruh negative terhadap sikap
konsumen. (6) Persepsi resiko berpengaruh negativ terhadap niat. (7) Sikap berpengaruh positif terhadap
niat. (8) Pengalaman berpengaruh positif terhadap niat. (9) Norma subjektif berpengaruh positif terhadap
niat. (10) Kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap niat.
Subjek dari penelitian ini adalah 177 responden yang merupakan pengguna internet di kota
Yogyakarta dan Surakarta. Menggunakan uji valditias convergent dan discriminant serta uji reliabilitas
menggunakan composite reliability.
Hasil dari pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukan bahwa privasi berpengaruh positif
terhadap persepsi resiko; keamanan berpengaruh positif terhadap persepsi resiko; kepercayaan
berpengaruh negative terhadap persepsi resiko; kepercayaan berpengaruh positif terhadap sikap; persepsi
resiko berpengaruh negative terhadap sikap; persepsi resiko berpengaruh negative terhadap niat; sikap
berpengaruh positif terhadap niat; pengalaman berpengaruh positif terhadap niat; norma subjektif
berpengaruh positif terhadap niat; kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap niat.
Kata kunci: privasi, keamanan, kepercayaan, pengalaman, niat, TPB, transaksi e-ticket
Collections
- Akuntansi [4519]