Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Siti Nursyamsiah, MM
dc.contributor.authorHendri Sapto Nugroho
dc.date.accessioned2022-04-18T07:22:20Z
dc.date.available2022-04-18T07:22:20Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37190
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kesiapan teknologi dan pelayanan elektronik berpengaruh terhadap pembelian online konsumen di Yogyakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua teman peneliti yang mempunyai alamat email dengan karakteristik tinggal di Kota Yogyakarta, kontrak atau kos dan masih menyisakan 4 bulan habis kos atau kontrak, pernah melakukan pembelian secara online pada perusahaan jasa yang ada di Yogyakarta. Sebanyak 122 kuesioner di sebar melalui attachment email dan jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 103 kuesioner. Dari 103 kuesioner di analisa dan menyisakan 44 kuesioner yang layak diuji. Penelitian ini merupakan studi korelasional dengan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS release 17 for Windows. Validitas data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Coeffisient Alpha. Analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji-F dan uji-t, interpretasi hasil dengan tingkat keyakinan α = 5 persen. Uji validitas didapat sebanyak 28 item pernyataan variabel kesiapan teknologi, 11 item variabel kualitas pelayanan online dan 4 item pernyataan pembelian online adalah valid (rhitung > rtabel). Sedangkan dalam uji reliabilitas skor butir tiap variabel reliabel karena berkolerasi positif dengan komposit faktornya dengan nilai r-konstan (konstanta reliabilitas) sebesar 0,60 jadi r-alpha > r-konstan (0.875; 0.838; 0.800). Hasil analisis yang diperoleh dari uji regresi linier berganda secara matematis adalah Y=a+bX1+cX2. Dari koefisien tersebut dapat diketahui bahwa variabel kesiapan teknologi, kualitas pelayanan online berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian online (F = 7.625; sig. = 0,000; Ftabel = 1.99; Fhitung > Ftabel, sig < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan kesiapan teknologi dan kualitas pelayanan online berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian online konsumen di Yogyakarta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen (kesiapan teknologi dan kualitas pembelian online) berpengaruh terhadap variabel dependen (pembelian online). Kata Kunci: attachment, electronic service quality, pembelian online, kesiapan teknologien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectattachment, electronic service quality, pembelian online, kesiapan teknologien_US
dc.titlePengaruh Kesiapan Teknologi dalam Elektronik Service Quality (e-SQ) berbasis Website terhadap Perilaku e-Shopping di Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM07311266


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record