Pengaruh Kemudahan, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Sikap Pengusaha Sepatu Dan Aksesoris Kulit Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi pada Pengusaha Sepatu dan Aksesoris Kulit di Sentra Industi Kulit Manding di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara persepsi teknologi informasi yang meliputi kemudahan dalam penggunaan, persepsi atas risiko, dan persepsi fitur layanan terhadap sikap para pengusaha sepatu dan aksesoris kulit di Sentra Industri Kulit Manding Yogyakarta dalam menggunakan internet banking. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah para pengusaha sepatu dan aksesoris kulit di Sentra Industri Kulit Manding Yogyakarta yang menggunakan internet banking. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 38 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner, yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kemudahan dalam menggunakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap menggunakan internet banking dengan nilai probabilitas 0,017 (p < 0,05), variabel persepsi atas risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap menggunakan internet banking dengan nilai probabilitas 0,046 017 (p < 0,05), dan variabel persepsi atas fitur layanan internet banking tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap menggunakan internet banking dengan nilai probabilitas 0,520 (p > 0,05). Kata kunci: Technology Acceptance Model, internet banking, sikap
Collections
- Akuntansi [4435]