Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksikan dalam leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kategori BUMN/Non BUMN terhadap kuantitas Corporate Social Responsibility Disclosure. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2010, dengan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 38 perusahaan. Untuk menguji hipotesis yang diajukan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil pengujian menemukan bahwa ukuran perusahaan (Firm Size), profitabilitas dan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) sektor industri manufaktur di BEI. Sedangkan untuk variabel leverage, ukuran dewan komisaris dan kategori BUMN/Non BUMN tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial pada industri manufaktur di BEI.
Kata kumci: Karakteristik Perusahaan, Ukuran perusahaan, profitabilitas, kepemilikan manajerial, leverage, ukuran dewan komisaris, kategori BUMN/Non BUMN Corporate Social Responsibility
Collections
- Akuntansi [4444]