Analisis Strategi Bauran Promosi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cv. Aprilian Jaya Barokah)
Abstract
CV. Aprilian Jaya Barokah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
konveksi dengan konsisten menerapkan strategi bauran promosi secara online
dalam pemasarannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana penerapan strategi bauran promosi dalam perspektif etika bisnis Islam
di masa pandemi Covid-19 di CV. Aprilian Jaya Barokah. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah President Director di CV.
Aprilian Jaya Barokah. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa CV.
Aprilian Jaya Barokah dapat bertahan dan meningkatkan volume penjualannya di
masa pandemi Covid-19 yaitu dengan menerapkan strategi bauran promosi yang
terdiri dari periklanan melalui website dan sosial media, promosi penjualan melalui
pemberian diskon, hubungan masyarakat melalui program kegiatan sosial,
penjualan perseorangan melalui media pelayanan dan pemasaran langsung melalui
katalog. Selanjutnya strategi promosi yang dilakukan oleh CV. Aprilian Jaya
Barokah sudah sesuai dengan nilai-nilai dalam etika bisnis Islam dan tidak
melakukan kegiatan yang dilarang oleh Islam.
Collections
- Islamic Economics [826]