Analisis Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah Dadapan Yogyakarta
Abstract
Dengan adanya pandemi Covid-19 sekolah perlu beradaptasi dengan
kebiasaan baru yaitu pembelajaran daring/online. Begitu pun terhadap evaluasi
pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan al-islam SD Muhammadiyah
Dadapan Yogyakarta yang secara rutin dilaksanakan, namun masih belum berjalan
maksimal atau seperti yang diharapkan. Karena pelaksanaan evaluasi pembelajaran
tersebut dibatasi dengan adanya kondisi jarak jauh dan kelengkapan konsep
operasional yang harus guru persiapkan sebelum evalausi pembelajaran
dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis implementasi
evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi Covid-19 yang
didalamnya mencangkup perencanaan evaluasi pembelajaran, proses evaluasi
pembelajaran, dan evaluasi sistem evaluasi pembelajaran yang diterapkan.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Sistem pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, untuk penentuan informan
menggunakan teknik purposive sampling dengan informan penelitian kepala
sekolah dan dua guru pengampu mata pelajaran pendidikan al-islam. Dengan
menganalisis menggunakan analisis interaksi melalui; kondensasi data, sajian data,
dan kesumpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga tahapan evaluasi pembelajaran
pendidikan al-islam yaitu; tahap perencanaan, proses, dan evaluasi. Didalam
tahapan perencanaan evaluasi pembelajaran tersebut terdapat konsep operasional
terhadap guru yang harus disesuaikan dengan pedoman ketika guru akan melakukan
kegiatan evaluasi pembelajaran. Komponen yang terkandung didalam konsep
operasional tersebut diantaranya; menentukan tujuan evaluasi, merumuskan
masalah, menentukan sampel, menentukan model evaluasi, menentukan media
evaluasi, merencanakan personal evaluasi, merencanakan anggaran, dan
merencanakan jadwal kegiatan. Sebelum melaksanakan evaluasi guru juga diminta
untuk menentukan bentuk dan jenis evaluasi yang akan digunakan.
Collections
- Islamic Education [862]