Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Ahmad Darmadji. M.Pd
dc.contributor.authorWAHYU DWI NOVIANTY
dc.date.accessioned2022-04-07T03:14:44Z
dc.date.available2022-04-07T03:14:44Z
dc.date.issued2021-11-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37010
dc.description.abstractDengan adanya pandemi Covid-19 sekolah perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu pembelajaran daring/online. Begitu pun terhadap evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan al-islam SD Muhammadiyah Dadapan Yogyakarta yang secara rutin dilaksanakan, namun masih belum berjalan maksimal atau seperti yang diharapkan. Karena pelaksanaan evaluasi pembelajaran tersebut dibatasi dengan adanya kondisi jarak jauh dan kelengkapan konsep operasional yang harus guru persiapkan sebelum evalausi pembelajaran dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi Covid-19 yang didalamnya mencangkup perencanaan evaluasi pembelajaran, proses evaluasi pembelajaran, dan evaluasi sistem evaluasi pembelajaran yang diterapkan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sistem pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, untuk penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan informan penelitian kepala sekolah dan dua guru pengampu mata pelajaran pendidikan al-islam. Dengan menganalisis menggunakan analisis interaksi melalui; kondensasi data, sajian data, dan kesumpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga tahapan evaluasi pembelajaran pendidikan al-islam yaitu; tahap perencanaan, proses, dan evaluasi. Didalam tahapan perencanaan evaluasi pembelajaran tersebut terdapat konsep operasional terhadap guru yang harus disesuaikan dengan pedoman ketika guru akan melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Komponen yang terkandung didalam konsep operasional tersebut diantaranya; menentukan tujuan evaluasi, merumuskan masalah, menentukan sampel, menentukan model evaluasi, menentukan media evaluasi, merencanakan personal evaluasi, merencanakan anggaran, dan merencanakan jadwal kegiatan. Sebelum melaksanakan evaluasi guru juga diminta untuk menentukan bentuk dan jenis evaluasi yang akan digunakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectEvalusai Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleAnalisis Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah Dadapan Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM17422065


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record