Pengaruh Nilai Pelanggan (Customer Value) Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga Yogyakarta Tahun 2010-2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor-faktor mana dari variabel nilai
pelanggan (customer value) yang berpengaruh signifikan secara bersama-sama
(simultan) terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta.
Serta menganalisis pandangan ekonomi islam terhadap nilai pelanggan (customer
value) yang dilakukan PT. BPRS Bangun Drajat Warga Yogyakarta dalam
meningkatkan loyalitas nasabahnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
nasabah tabungan PT. BPRS BDW Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100
responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling yaitu pengambilan
sampel berdasarkan target tertentu, adapun kriteria pengambilan sampel adalah
responden nasabah tabungan PT. BPRS BDW Yogyakarta, berdomisili atau warga
yogyakarta dan berumur di atas 17 tahun. Hasil analisis menggunakan SPSS versi
16, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor.
Berdasarkan analisis deskriptif secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan
bahwasanya nasabah merasa setuju dan terpuaskan atas nilai pelanggan (customer
value) yang telah diberikan perusahaan kepada nasabahnya sehingga dapat
meningkatkan tingkat loyalitas nasabah PT. BPRS BDW melalui kunjungan kembali
nasabah dilain waktu. Berdasarkan analisis data seluruh variabel dalam analisis
faktor telah memenuhi validitas dan reliabilitas, terdapat 4 faktor yang telah
direduksi dari 17 faktor. Dari hasil pembahasan aspek pengaruh nilai pelanggan
(customer value) terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS BDW yang dipandang dari
segi etika bisnis islami sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islami yaitu
adanya kesesuaian dengan harapan nasabah, dengan kejujuran, kebaikan, dan
amanah yang melandasi semangat kerja seluruh karyawan PT BPRS BDW yang
semata-mata berusaha memberikan yang terbaik kepada nasabahnya dan mengharap
ridho Allah Swt sehingga kesejahteraan (maslahah) terwujud, semua pihak terkait
terpuaskan baik pemegang saham, karyawan maupun nasabah sehingga loyalitas
nasabah PT. BPRS Bangun Drajat Warga dapat tercipta.
Kata kunci : Nilai Pelanggan (Customer Value), Loyalitas Nasabah, dan
Ekonomi Islam
Collections
- Islamic Economics [827]