Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan BMT Al-Muthi’in Terhadap Kepuasan Nasabah Tahun 2012
Abstract
Pelayanan yang diberikan BMT AL-MUTHI’IN menjadi standar kinerja bagi
perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan nasabah/
pelanggan. Namun bila dilihat dari berbagai potensi yang dimiliki industri ini
masih akan terus tumbuh dengan pesat. Berbagai pelaku usaha bersaing untuk
dapat merebut pasar dengan cara memuaskan nasabah. Dalam rangka
mengembangkan pemikiran mengenai pengaruh pelayanan BMT AL-MUTHI’IN
terhadap kepuasan nasabah, akan lebih independen dan fokus memenuhi
kebutuhan nasabah sehingga tercapai kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk dan
lokasi perusahaan sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana
pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah. Setelah dilakukan tinjauan pustaka
dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuisioner dari 50
nasabah BMT AL-MUTHI’IN , yang diperoleh dengan menggunakan simple
random sampling. Metode kuisioner ini digunakan untuk mengetahui tanggapan
responden terhadap masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar
0,617 yang berarti bahwa kepuasan nasabah pengaruhnya dapat dijelaskan oleh
keempat variabel independen dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan, bagi
hasil, kelengkapan produk dan lokasi perusahaan sebesar 61,7%, dan sisanya
yaitu 38,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini
berpengaruh positif dan signifikan di mana nilai nasabah memiliki pengaruh
terbesar dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan lokasi
perusahaan memiliki pengaruh paling rendah terhadap kepuasan nasabah.
Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama
variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan
produk, dan lokasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan nasabah dapat
dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan
produk, dan lokasi perusahaan.
Kata kunci: kepuasan nasabah, kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk,
dan lokasi perusahaan.
Collections
- Islamic Economics [823]