Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Rahmani Timorita Y.M.Ag
dc.contributor.authorWahyu Safei
dc.date.accessioned2022-04-05T06:02:21Z
dc.date.available2022-04-05T06:02:21Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36965
dc.description.abstractPelayanan yang diberikan BMT AL-MUTHI’IN menjadi standar kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan nasabah/ pelanggan. Namun bila dilihat dari berbagai potensi yang dimiliki industri ini masih akan terus tumbuh dengan pesat. Berbagai pelaku usaha bersaing untuk dapat merebut pasar dengan cara memuaskan nasabah. Dalam rangka mengembangkan pemikiran mengenai pengaruh pelayanan BMT AL-MUTHI’IN terhadap kepuasan nasabah, akan lebih independen dan fokus memenuhi kebutuhan nasabah sehingga tercapai kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk dan lokasi perusahaan sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuisioner dari 50 nasabah BMT AL-MUTHI’IN , yang diperoleh dengan menggunakan simple random sampling. Metode kuisioner ini digunakan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,617 yang berarti bahwa kepuasan nasabah pengaruhnya dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk dan lokasi perusahaan sebesar 61,7%, dan sisanya yaitu 38,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan di mana nilai nasabah memiliki pengaruh terbesar dibandingkan variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan lokasi perusahaan memiliki pengaruh paling rendah terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk, dan lokasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan nasabah dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk, dan lokasi perusahaan. Kata kunci: kepuasan nasabah, kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk, dan lokasi perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkepuasan nasabah, kualitas layanan, bagi hasil, kelengkapan produk, dan lokasi perusahaanen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan BMT Al-Muthi’in Terhadap Kepuasan Nasabah Tahun 2012en_US
dc.Identifier.NIM08423024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record