Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam di Yogyakarta (Studi di UII, UIN, dan UMY)
Abstract
Perkembangan teknologi dan kebudayaan mempengaruhi sikap dan gaya hidup
seseorang. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang
berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu gaya hidup yang sedang trend dan
diminati berbagai masyarakat termasuk mahasiswa adalah gaya hidup modern. Gaya
hidup modern memang sangat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan
keputusan untuk berkonsumsi, karena image-image bagus akan timbul apabila kita
dapat mengikuti gaya hidup modern tersebut. Khususnya dalam masalah pergaulan,
tempat bergaul dan gaya dalam berpenampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup dapat
mempengaruhi perilaku konsumsi ummat muslim, khususnya pada mahasiswa yang
sedang mempelajari tentang perekonomian Islam di beberapa perguruan tinggi Islam
di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode angket, observasi, dan
dokumentasi yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan regresi linier berganda yang bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi
Islami juga untuk mengetahui variabel gaya hidup mana yang paling dominan dari 3
yang diteliti (activities, interest, and opinion) yang paling berpengaruh terhadap
perilaku konsumsi Islami.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: : 1) hasil daripada uji t (parsial)
dan uji f (serentak) menunjukkan bahwasannya variabel gaya hidup tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumsi Islami, karena nilai ketiga
variabel baik secara parsial maupun serentak harganya melebihi taraf signifikasi
yang ditentukan α = 5%. Kemudian dilihat dari nilai r square/ koefisien determinasi
menunjukkan bahwa dari variabel gaya hidup ada hanya 17% yang mampu
menjelaskan perubahan atas perilaku konsumsi Islami. 2) dari ketiga variable gaya
hidup yang ada (X1=aktivitas, X2=minat, dan X3=opini), variabel opini adalah
variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap gaya hidup.
Kata kunci: Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi Islami
Collections
- Islamic Economics [827]