Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Rahmani Timorita Y., M.Ag
dc.contributor.authorYuli Anggraini
dc.date.accessioned2022-04-05T02:00:43Z
dc.date.available2022-04-05T02:00:43Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36960
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan kebudayaan mempengaruhi sikap dan gaya hidup seseorang. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu gaya hidup yang sedang trend dan diminati berbagai masyarakat termasuk mahasiswa adalah gaya hidup modern. Gaya hidup modern memang sangat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk berkonsumsi, karena image-image bagus akan timbul apabila kita dapat mengikuti gaya hidup modern tersebut. Khususnya dalam masalah pergaulan, tempat bergaul dan gaya dalam berpenampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup dapat mempengaruhi perilaku konsumsi ummat muslim, khususnya pada mahasiswa yang sedang mempelajari tentang perekonomian Islam di beberapa perguruan tinggi Islam di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi Islami juga untuk mengetahui variabel gaya hidup mana yang paling dominan dari 3 yang diteliti (activities, interest, and opinion) yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumsi Islami. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: : 1) hasil daripada uji t (parsial) dan uji f (serentak) menunjukkan bahwasannya variabel gaya hidup tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumsi Islami, karena nilai ketiga variabel baik secara parsial maupun serentak harganya melebihi taraf signifikasi yang ditentukan α = 5%. Kemudian dilihat dari nilai r square/ koefisien determinasi menunjukkan bahwa dari variabel gaya hidup ada hanya 17% yang mampu menjelaskan perubahan atas perilaku konsumsi Islami. 2) dari ketiga variable gaya hidup yang ada (X1=aktivitas, X2=minat, dan X3=opini), variabel opini adalah variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap gaya hidup. Kata kunci: Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi Islamien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGaya Hidup, Perilaku Konsumsi Islamien_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam di Yogyakarta (Studi di UII, UIN, dan UMY)en_US
dc.Identifier.NIM08423010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record