Penyelesaian Pengaduan Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Oleh Lembaga Ombudsman Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan oleh lembaga ombudsman daerah provinsi daerah istimewa yogyakarta. Rumusan masalah yang diajukan yaitu: Bagaimana tindak lanjut Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan?; Apakah tindak lanjut yang dilakukan Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pendidikan?. Penelitian ini termasuk tipologi penelitia hukum empiris. Data penelitian dikumpulkan dengan cara studi dokumen/pustaka dan wawancara dengan subyek penelitian. Kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan dideskripsikan. Analisis dilakukan dengan pendekatan peundang-undangan dipadukan dengan penerapan undang-undang tersebut di lapangan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan dilakukan dengan cara melakukan klarifikasi, mediasi dan memberikan rekomendasi kepada pihak terkait. Penyelesaian pengaduan pelayanan publik yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan telah dilaksanakannya rekomendasi yang diberikan LOD DIY oleh Instansi terlapor dan pihak terkait. Penelitian ini merekomendasikan kepada seluruh instansi pendidikan agar memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat secara akuntabel, bijaksana dan sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku. Kata kunci : pelayanan publik, pendidikan, pengawasan, LOD DIY
Collections
- Law [2335]