Show simple item record

dc.contributor.advisorH. Moh. Hasyim SH., M. Hum
dc.contributor.authorDedi Sukardi
dc.date.accessioned2022-04-01T07:46:34Z
dc.date.available2022-04-01T07:46:34Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36921
dc.description.abstractStudi ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan oleh lembaga ombudsman daerah provinsi daerah istimewa yogyakarta. Rumusan masalah yang diajukan yaitu: Bagaimana tindak lanjut Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan?; Apakah tindak lanjut yang dilakukan Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang pendidikan?. Penelitian ini termasuk tipologi penelitia hukum empiris. Data penelitian dikumpulkan dengan cara studi dokumen/pustaka dan wawancara dengan subyek penelitian. Kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan dideskripsikan. Analisis dilakukan dengan pendekatan peundang-undangan dipadukan dengan penerapan undang-undang tersebut di lapangan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan pengaduan pelayanan publik di bidang pendidikan dilakukan dengan cara melakukan klarifikasi, mediasi dan memberikan rekomendasi kepada pihak terkait. Penyelesaian pengaduan pelayanan publik yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan telah dilaksanakannya rekomendasi yang diberikan LOD DIY oleh Instansi terlapor dan pihak terkait. Penelitian ini merekomendasikan kepada seluruh instansi pendidikan agar memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat secara akuntabel, bijaksana dan sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku. Kata kunci : pelayanan publik, pendidikan, pengawasan, LOD DIYen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpelayanan publik, pendidikan, pengawasan, LOD DIYen_US
dc.titlePenyelesaian Pengaduan Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Oleh Lembaga Ombudsman Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM08410196


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record