Implementasi Strategi Pembelajaran “Think Pair Share” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Paremono 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Agama Islam adalah bekal utama bagi setiap muslim untuk menjalani
kehidupan. Pendidikan Agama Islam juga menjadi landasan awal terutama pada
masa kanak-kanak menuju remaja. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hasil
belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share. 2) mengetahui respon peserta didik saat pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dari
penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N Paremono 3 Kecamatan Mungkid
Kabupaten Magelang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Obyek dari
penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran Think Pair Share. Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan subyek adalah purpose
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think
Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat
dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I dengan jumlah
nilai 1.125 dengan rata-rata kelas 80,36 ke siklus II dengan jumlah nilai 1.161
dengan rata-rata kelas 82,92. Rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan 2,57. Dan peningkatan keaktifan dari peserta didik juga terlihat
ketika penerapan model pembelajaran Think Pair Share.
Collections
- Islamic Education [862]