Faktor-Faktor Yang Mendorong Mahasiswa Melakukan Jual Beli Melalui Media E-Commerce
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mendorong
mahasiswa melakukan jual beli melalui media e-commerce dengan menggabungkan
teori pengadopsian Technology Acceptance Model (TAM) yang memuat variabel
kepercayaan, persepsi manfaat, dan kemudahan penggunaan.
Permasalahan dari penelitian ini sendiri adalah apakah faktor kepercayaan
berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk melakukan jual beli melalui media ecommerce?
Apakah faktor kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat
mahasiswa untuk melakukan jual beli melalui media e-commerce? Apakah faktor
keamanan berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk melakukan jual beli
melalui media e-commerce? Apakah faktor kemanfaatan berpengaruh terhadap
minat mahasiswa untuk melakukan jual beli melalui media e-commerce? Apakah
faktor resiko berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk melakukan jual beli
melalui media e-commerce? Kami menggunakan sampel para mahasiswa yang
pernah melakukan jual beli melalui media e-commerce di Yogyakarta yang kemudian
perhitungan data tersebut menggunakan Smart PLS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan
penggunaan, keamanan, kemanfaatan, dan resiko terbukti mempengaruhi kesediaan
mahasiswa melakukan jual beli melalui media e-commerce. Semua variabel yang
diujikan mempunyai hasil yang signifikan terhadap kesediaan mahasiswa melakukan
jual beli melalui media e-commerce.
Kata kunci: Kepercayaan, Kemudahan penggunaan, Keamanan, Kemanfaatan,
Resiko, TAM, E-commerce
Collections
- Akuntansi [4399]