Analisis Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Financial Performance, Growth Dan Market Value ( Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
capital (IC) akhir‐akhir ini memiliki peran kunci dalam
upaya melakukan peningkatan nilai di berbagai perusahaan. Hal ini
disebabkan adanya kesadaran bahwa IC merupakan landasan bagi
perusahaan untuk menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adanya pengaruh antara intellectual capital (VAICTM) di dalam
sebuah perusahaan dengan kinerja keuangan perusahaan, kinerja keuangan
perusahaan masa depan, pertumbuhan perusahaan dan nilai pasar perusahaan.
Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara rata-rata
pertumbuhan intellectual capital (ROGIC) di dalam sebuah perusahaan dengan
kinerja keuangan perusahaan masa depan dan untuk mengetahui kinerja
intellectual capital akan berbeda sesuai dengan jenis industrinya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 perusahaan per
tahun antara tahun 2008-2010, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah
129 perusahaan. Penelitian ini menggunakan Model Pulic (Value Added
Intellectual Capital Coefficient – VAICTM) dan yang membentuk VAICTM terdiri
atas komponen Value Added Capital Coefficient (VACA), Value Added Human
Capital Coefficient (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA). Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS)
dan One Way of Variance (ANOVA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : IC berpengaruh positif
terhadap kinerja keuangan perusahaan; IC berpengaruh positif terhadap kinerja
keuangan perusahaan masa depan; ROGIC tidak berpengaruh positif terhadap
kinerja keuangan perusahaan masa depan; IC tidak berpengaruh positif terhadap
pertumbuhan perusahaan; IC berpengaruh positif terhadap nilai pasar perusahaan
dan kinerja IC tidak berbeda-beda untuk setiap jenis industri.
Kata Kunci : Intellectual Capital (IC), kinerja keuangan perusahaan (PERF),
kinerja keuangan perusahaan masa depan (Future PERF), pertumbuhan
perusahaan, nilai pasar perusahaan, Partial Least Square (PLS) dan One Way of
Variance (ANOVA).
Collections
- Akuntansi [4498]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...