Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fenomena Underpricing Pada Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia (Tahun 2006-2010)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi fenomena underpricing di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan
penawaran saham perdana (go public) pada tahun 2006-2010 yang berjumlah 89
perusahaan sedangkan terdapat 74 sampel perusahaan yang sesuai dengan kriteria.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini meliputi variabel independen yaitu
skala perusahaan, profitabilitas, kurs, EPS, PER Reputasi Underwriter, Jenis
Industri.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi empiris, data yang
digunakan dalam penelitian berupa data sekunder, analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda (Multiple Regression) dengan SPSS versi 17.0 for
windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya reputasi underwriter yang
memiliki pengaruh secara signifikan terhadap underpricing.
Collections
- Akuntansi [4399]