Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajemen,Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan dampak
dan pengaruh yang berbeda-beda terhadap sebuah perusahaan. Penelitian tentang
Corporate Social Responsibility (CSR) menghasilkan temuan yang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap
nilai perusahaan (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan
manajemen, profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar
dalam Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam rentang tahun 2008-2010. Sampel
penelitian adalah sebanyak 32 perusahaan dengan 96 observasi. Analisis data
menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda
dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan analisis variabel moderating
menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, profitabilitas dan ukuran perusahaan
merupakan variabel moderating yang memperkuat pengaruh CSR dan nilai
perusahaan . Variabel ukuran perusahaan (size) merupakan variabel moderating
yang paling memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : nilai perusahaan, corporate social responsibility, kepemilikan
manajemen, profitabilitas, ukuran perusahaan
Collections
- Akuntansi [4479]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...