Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Jasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sendang Ayu
Abstract
Penelitian ini mengankat judul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas
Jasa dan Harga terhadap Kepuasaan Konsumen Rumah Makan Sendang Ayu. Pada
Rumah Makan Sendang Ayu di Jl Solo km 15 Kalasan Jogjakarta”. Secara garis beasr
membahas mengenai pengaruh positif kualiatas produk, kualitas jasa dan harga terhadap
kepuasaan konsumen yang diberikan oleh rumah makan Sendang Ayu.
Populasi yang diteliti adalah seluruh konsumen yang sedang melakukan
pembelian di Rumah Makan Sendang Ayu di di Jl Solo km 15 Kalasan Jogjakarta.
Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 96 responden. Dalam pengambilan
sampelnya, penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling, dimana
sampelnya adalah setiap konsumen yang sedang melakukan pembelian di rumah makan
Sendang Ayu di Jl Solo km 15 Kalasan Jogjakarta. Teknik pengumpulan data adalah
dengan menggunakan kuesioner.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi berganda,
analisi uji asumsi klasik dan analisis determinan.
Pengujian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t dengan taraf signifikansi 5%.
Sedangkan untuk mengukur validitas dan reabilitas alat ukur yang mana dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner, maka dipilih rumusan product moment dan alpha
croncbach. Dan selanjutnya untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat Bantu,
yaitu program pengolahan data SPSS version 12.0
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kualitas produk, kualitas jasa, dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada restoran Sendang Ayu. Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kualitas produk, kualitas jasa, dan harga secara parsial terhadap
kepuasan konsumen pada restoran Sendang Ayu. Variabel kualitas produk mempunyai
pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen terbukti.
Kata kunci : Kualitas Poduk, Kualitas Jasa , Harga, Kepuasaan Konsumen
Collections
- Management [4528]