Perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Umkm Coffee Shop (Projek Komunikasi Penerapan Imc Di Umpama Coffee)
Abstract
Aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan pada bisnis berskala UMKM coffee shop
cenderung kurang memiliki pemahaman dan perencanaan yang baik dalam menerapkan
komunikasi pemasaran terpadu bagi bisnisnya, salah satunya yaitu Umpama coffee and
eatery. Maka dari itu, rumusan ide penciptaan karya ini adalah berupa program-program
atau strategi penerapan komunikasi pemasaran terpadu yang berasal dari salah satu pilar
IMC, channel centered untuk Umpama coffee and eatery.
Mengadopsi konsep IMC, metode penciptaan karya ini adalah dengan menerapkan strategi
perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang diadopsi dari konsep IMC seperti
advertising, promotion selling dan Social Media Marketing. Ketiga hal ini digunakan
setelah mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai dan anggaran yang akan dikeluarkan
serta kemampuan bisnis tersebut.
Karya ini dilaksanakan pada rentang periode bulan Maret hingga Mei 2021 dengan hasil
berupa aktivitas komunikasi pemasaran yang lebih aktif dan terencana seperti publikasi
rutin, penerapan Instagram Ads, pencetakan X-Banner dan poster A4, pengadaan promo
makan-minum pada bulan Maret 2021 hingga QnA melalui Instagram. Evaluasi program
menunjukkan bahwa dengan menerapkan komunikasi pemasaran, maka aspek seperti
penjualan dan awareness akan terkena pengaruhnya. Penting pula untuk memiliki
anggaran khusus dan SDM ahli untuk mengimplementasikan IMC dalam sebuah bisnis.
Collections
- Communication [949]