Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Anak Di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakarta
Abstract
Penyusunan skripsi ini di awali dengan pemaparan keprihatinan pola asuh
orang tua yang semakin lama semakin hilang funsinya. Sehingga hak-hak anak tidak
terpenuhi, anak mencari pelampiasan kepada hal-hal yang lain, yang menyebabkan
anak menjadi nakal. Selanjutnya dimulai dari keprihatinan ini, penulis mencoba
mengungkap secara lebih mendalam, bagaimana pola asuh orang tua yang anaknya
terindikasi nakal. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui anak-anak yang
nakal dan bagaimana pola asuh orang tuanya di dalam mendidik, menjaga, dan
memimpin anak-anaknya. Selanjutnya untuk mengetahui cara yang di tempuh oleh
orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap anak yang terindikasi nakal.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan karena informasi yang
dikumpulkan dari lapangan yaitu dengan wawancara. Penelitian ini bersifat deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis data primer
dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini merupakan daftar kenakalan siswa
beserta orang tuanya, macam-macam kenakalan dan penyebabnya yang diperoleh
dengan cara : observasi,wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini model
analisis data yang digunakan adalah model interaktif, yaitu merupakan kegiatan yang
jalin-menjalin pada saat sebelum, selama, dan sesudah pengumpulan data dalam
bentuk yang sejajar untuk membangun wawasan umum yang disebut analisis.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakarta
terdapat bermacam-macam pola asuh orang tua, diantaranya menerapkan pola asuh
otoriter dan pola asuh demokrasi, akan tetapi pola asuh orang tua yang anaknya
terindikasi nakal yaitu menerapkan pola asuh permisif. Dalam mengatasi
permasalahan anak dan kenakalan anak. Orang tua yang anaknya terindikasi nakal di
SD Negeri Ngemplak IV Yogyakarta dalam mengatasi permasalahan anak dan
kenakalan anaknya yaitu dengan cara melakukan pendekatan kepada anaknya, lalu
memberikan nasehat kepada anaknya agar tidak melakukan kesalahan yang sama dan
mengulanginya, akan tetapi kadang kala orang tua juga memarahi anaknya apabila
anaknya masih seperti itu dan tidak ada perubahan dalam diri pribadi anak.
Collections
- Islamic Education [862]