Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan. S.Z., M.Si
dc.contributor.authorDedi Hartono
dc.date.accessioned2022-03-15T03:53:22Z
dc.date.available2022-03-15T03:53:22Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36492
dc.description.abstractPenyusunan skripsi ini di awali dengan pemaparan keprihatinan pola asuh orang tua yang semakin lama semakin hilang funsinya. Sehingga hak-hak anak tidak terpenuhi, anak mencari pelampiasan kepada hal-hal yang lain, yang menyebabkan anak menjadi nakal. Selanjutnya dimulai dari keprihatinan ini, penulis mencoba mengungkap secara lebih mendalam, bagaimana pola asuh orang tua yang anaknya terindikasi nakal. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui anak-anak yang nakal dan bagaimana pola asuh orang tuanya di dalam mendidik, menjaga, dan memimpin anak-anaknya. Selanjutnya untuk mengetahui cara yang di tempuh oleh orang tua dalam menerapkan pola asuh terhadap anak yang terindikasi nakal. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan karena informasi yang dikumpulkan dari lapangan yaitu dengan wawancara. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini merupakan daftar kenakalan siswa beserta orang tuanya, macam-macam kenakalan dan penyebabnya yang diperoleh dengan cara : observasi,wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini model analisis data yang digunakan adalah model interaktif, yaitu merupakan kegiatan yang jalin-menjalin pada saat sebelum, selama, dan sesudah pengumpulan data dalam bentuk yang sejajar untuk membangun wawasan umum yang disebut analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakarta terdapat bermacam-macam pola asuh orang tua, diantaranya menerapkan pola asuh otoriter dan pola asuh demokrasi, akan tetapi pola asuh orang tua yang anaknya terindikasi nakal yaitu menerapkan pola asuh permisif. Dalam mengatasi permasalahan anak dan kenakalan anak. Orang tua yang anaknya terindikasi nakal di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakarta dalam mengatasi permasalahan anak dan kenakalan anaknya yaitu dengan cara melakukan pendekatan kepada anaknya, lalu memberikan nasehat kepada anaknya agar tidak melakukan kesalahan yang sama dan mengulanginya, akan tetapi kadang kala orang tua juga memarahi anaknya apabila anaknya masih seperti itu dan tidak ada perubahan dalam diri pribadi anak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Anak Di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakartaen_US
dc.titlePola Asuh Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Anak Di SD Negeri Ngemplak IV Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM07422060


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record