Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Pos Exspress Di PT.Pos (Persero) Cabang Yogyakarta
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi objektif perlindungan hukum
pengguna jasa pos exspress di PT. Pos Exspress Indonesia Cabang Yogyakarta.
Rumusan masalah yang diajukan yaitu: Bagaimana pertanggungjawaban PT.Pos
Express atas kerugian yang diderita konsumen akibat tidak terpenuhinya hak-hak
konsumen?. Penelitian ini termasuk tipologi penelitian hukum empiris. Data
penelitian dikumpulkan dengan cara studi dokumen/pustaka dan wawancara
kepada pihak PT.Pos Exspress dan para pengguna layanan jasa pengiriman
melalui PT.Pos Exspress Indonesia. Analisis dilakukan dengan pendekatan
perundang-undangan dipadukan dengan pendekan secara langsung kepada pihak
yang bersangkutan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa Perlindungan Hukum dan
pertanggungjawaban ganti rugi oleh pihak PT.Pos Exspress menunjukkan banyak
kelemahan, kelemahan itu belum secara penuh melindungi konsumen pengguna
jasa pos. Kesalahan yang disebabkan oleh pihak Pos secara umum adalah
tindakan yang merugikan konsumen, akan tetapi masih banyak konsumen yang
merasa dirugikan karena kesalahan pihak pos.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum Konsumen, Jasa Pos Exspress
Collections
- Law [2357]