Strategi Customer Relations Bank Swasta Dan Bank BPR (Studi Deskriptif Customer Relations Officer pada Bank Swamitra dan PD BPR Bank Pasar Kulon Progo)
Abstract
Dwi Ratna Dewanti. 07331071. Strategi Customer Relations dalam Menangani
Keluhan Nasabah di Bank Swamitra dan PD BPR Bank Pasar Kulon Progo. Skripsi
Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial
Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012.
Penelitian ini berjudul “Strategi Customer Relations dalam Menangan8i
Keluhan nasabah di Bank Swamitra dan BPR Bank Pasar”. Tujuan dari penelitian ini
untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara rinci proses-proses strategi customer
relations yang digunakan di Bank Swamitra dan BPR Bank Pasar dalam menangani
keluhan nasabahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Bank Swamitra dan BPR Bank Pasar.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi
pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan di Bank
Swamitra dan BPR Bank Pasar dalam menangani keluhan pelanggan yaitu dengan
cara kooperatif terhadap konsumen. Customer service memberikan pelayanan yang
baik dan memprioritaskan penanganan sesegera mungkin terhadap keluhan pelanggan
dengan cara menanggapi serta mengatasi semua permasalahan yang diajukan
pelanggan berdasarkan keluhannya. Customer service di Bank Swamitra dan BPR
Bank Pasar dibagi menjadi satu bagian yaitu pelayanan konsumen.
Kata Kunci: Bank Swamira, BPR Bank Pasar Kulon Progo, Strategi, Customer
Relations, Keluhan Pelanggan
Collections
- Communication [942]