Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Citra Korporat Dan Loyalitas Pelanggan PT. XL Axiata Tbk Yogyakarta
Abstract
AMBAR TRIASTUTI. 07331029. Pengaruh Customer Relationship
Management (CRM) Terhadap Citra Korporat dan Loyalitas Pelanggan PT.
XL Axiata Tbk Yogyakarta. Skripsi Sarjana. Progra Studi IlmuKomunikasi,
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia.
2012.
Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah pendekatan
baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis
sehingga dapat memaksimalkan komunikasi pemasaran melalui pengelolaan
berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinkan
untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus
pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan..
Berdasarkan kerangka pikir di atas, peneliti mengambil judul: Pengaruh
Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Citra Korporat dan
Loyalitas Pelanggan PT. XL Axiata Tbk Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM)
terhadap citra korporat, mengetahui pengaruh Customer Relationship
Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan, dan mengetahui pengaruh
Customer Relationship Management (CRM) terhadap citra korporat dan loyalitas
pelanggan PT.XL Axiata Tbk Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah PT. XL
Axiata Tbk Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi bidang akademis,
masukan bagi perusahaan terkait, maupun pengetahuan bagi masyarakat tentang
kajian Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Citra
Korporat dan Loyalitas Pelanggan.
Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yaitu berdasarkan penghitungan
dengan menggunakan korelasi product moment, Customer Retionship
Management (CRM) mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan citra
korporat dan loyalitas pelanggan pada PT. XL Axiata Tbk Yogyakarta. Menurut
penghitungan dengan menggunakan regresi sederhana, Customer Relationship
Management (CRM) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra
korprat dengan nilai t hitung yaitu sebesar 10,479 > 1,9755. Kemudian Customer
Reationship Management (CRM) mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 5,270 > 1,9755.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Customer Relationship Management (CRM)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra korporat dan loyalitas
pelanggan PT. XL Axiata Tbk Yogyakarta.
Kata kunci: Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), citra
korporat, loyalitas pelanggan, PT. XL Axiata Tbk.
Collections
- Communication [943]