Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Outlet Biru (OB) di Jl. Wahidin Selokan mataram Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan
dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Outlet Biru (OB) di Jl.
wahidin Selokan mataram Yogyakarta”. Secara garis besar membahas mengenai
pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga yang diberikan oleh Outlet
Biru terhadap kepuasan dan loyalitas konsumennya.
Dalam pengambilan sampelnya, penelitian ini menggunakan teknik convenience
sampling yaitu setiap orang yang berada di Outlet Biru dan telah mengalami
pengalaman dengan kualitas produk, pelayanan, dan harga di Outlet Biru tersebut
memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Sampel yang digunakan
sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner.
Variabel penelitiannya adalah Kualitas produk, Pelayanan dan harga sebagai
variabel bebas atas kepuasan konsumen. Dan Kualitas produk, Pelayanan, harga dan
kepuasan konsumen sebagai variabel bebas atas Loyalitas konsumen.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi berganda,
analisis determinasi berganda dan analisis determinasi parsial serta uji asumsi klasik
yang terdiri dari multikolinieritas, heterokedastisitas, normalitas dan linieritas data.
Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T dengan taraf Sig 5%. Sedangkan
untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur yang mana dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner, maka rumus Product Moment dan Croncbach Alpha menjadi
pilihan. Dan selanjutnya untuk menguji hasil penelitian mengguanakan alat bantu, yaitu
SPSS for Windows Release 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan uji F disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk, kualitas
pelayanan, konsep harga dan kepuasan di Outlet Biru secara serentak terhadap loyalitas
pasien. Berdasarkan uji t terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas
produk, kualitas pelayanan, konsep harga dan kepuasan di Outlet Biru secara parsial
terhadap loyalitas pasien. Sedangkan dengan menggunakan regresi sederhana terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, konsep harga
terhadap kepuasan konsumen di Outlet Biru
Keyword: kualitas produk, kualitas pelayanan, konsep harga, kepuasan, loyalitas
Collections
- Akuntansi [4660]